Keindahan Dua Dunia Danau Labuan Cermin


Labuan Cermin, terletak Kalimantan bagian Timur tepatnya di Kecamatan Biduk-Biduk.  Labuan Cermin termasuk salah satu dari banyak destinasi wisata alam yang kami sarankan kepada anda untuk wajib anda sambangi. Apa itu Labuan Cermin? Wisata apa saja yang akan diberikan Labuan Cermin? Terdapat apa saja di Labuan Cermin.

Pertanyaan di atas akan kami jawab sehingga anda akan sedikit lebih tau tentang destinasi wisata yang terdapat di Kalimantan Timur ini. Labuan Cermin adalah sebuah danau yang memiliki dua dunia. Maksud dari dua dunia disini adalah danau ini memiliki air yang terasa tawar di purmukaannya dan terasa asin pada dasarnya. Danau yang memiliki dua rasa air yang berbeda ini masih menjadi misteri mengapa antara air tawar dan air asin tidak dapat tercampur. Dengan kasat mata anda dapat melihat batas dari rasa air tersebut. Pembedanya yang anda bisa tanggap adalah terdapatnya pembatas yang berupa awan atau air yang berwarna sedikit keruh jika anda berenang ataupun menyelaminya. Lapisan yang berdeda dan mempunyai warna sedikit keruh tersebut diduga adalah hasil pembusukan dari organisme yang terdapat pada dasar Labuan yang terjebak dan tidak dapat terurai atau keluar.

Danau Labuan cermin ini memiliki air yang sangat jernih yang berwarna biru, bahkan jika anda menyusuri dengan menumpang pada sebuah perahu anda akan dapat jelas melihat biota-biota laut yang ada didalamnya. Seperti nama yang disandangnya Labuan cermin bagaikan cermin raksasa yang dibatasi oleh hutan yang masih terjaga keasrian disekitarnya. Keistimewaan yang dimiliki selanjutnya adalah terdapatnya dua biota atau hewan air yang berbeda. Pada permukaan air anda dapat menemukan ikan penghuni air tawar dan pada dasar Labuan anda dapat menjumpai biota dari air asin.


Anda tidak perlu cemas tentang bagaimana cara menikmati semua keindahan yang akan disajikan oleh Danau Labuan Cermin. Disana terdapat penyewaan perahu yang siap untuk mengantarkan anda yang ingin berkeliling danau dari atas perahu jika anda sedang tidak ingin basah-basahan. Namun jika anda tidak ingin melewatkan semua keindahan Danau, tidak perlu panic karena disana juga menyedian alat selam, perlengkapan berenang dan lain-lainnya, sehingga jika setelah anda mengunjungi Danau Labuan Cermin ini tidak akan menyesal. Karena sama seperti halnya wisata bahari lainnya, disini anda akan dapat banyak sekali menemukan keaneka ragaman biota air yang berasal dari keluarga air tawar dan asin. Ikan kecil berwarna warni, penyu masih dapat anda temukan di Danau Labuan Cermin ini. Danau yang dikelilingi dengan hutan dan tebing yang menjulang disalah satu sisinya ini akan siap anda eksplor keasriannya dengan alunan musik khas hutan kicauan burung yang saling bersahutan. Akan terasa lengkap jika anda mengunjungi Danau Labuan ini dengan sahabat, teman dan keluarga anda. Jaraknya yang cukup jauh dari pusat keramaian kota menjadikan danau ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan, bahkan belum banyak berdiri penginapan yang ada disana. Satu-satunya tempat menginap adalah  Pusat Informasi Nelayan (PIN) yaitu binaan dari The Nature Conservancy. Menjadi nilai positif tersendiri karena belum banyak diketahui oleh banyak wisatawan maka masih terjaga pula keaslian maupun keindahan Danau Labuan Cermin ini. 

Apakah anda tertarik untuk mengunjunginya? Tentunya iya, disini kami akan memberikan sedikit informasi tentang bagaimana akses dan biaya yang harus anda keluarkan untuk menuju Danau Labuan Cermin. Seperti biasa awal perjalanan akan kami mulai dari Jakarta, untuk menuju kesana dan mempersingkat waktu transportasi yang kami pilih adalah dengan menggunakan pesawat. Jakarta – Balikpapan Rp.480.000 dengan tujuan Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau. Setelah itu anda dapat melanjutkan dengan menyewa mobil travel dengan tujuan Kecamatan Biduk-Biduk selama kurang lebil 4 – 5 jam perjalanan biaya sewa termurah adalah Rp.150.000 per orang. Sesampainya anda di Kecamatan Biduk-Biduk anda akan disugui bentang pemandangan indah pantai. Perjalanan terakhir anda cukup mencari Desa Labuan Kelambu dan anda akan menemukan papan yang bertuliskan Kawasan Wisata Bahari Labuan Cermin. Cukup mudah kan?

Tips yang akan kami berikan disini adalah Danau Lamunan belum terdapat banyak penginapan, jika anda ingin menginap maka sebelum sampai carilah tempat penginapan yang tidak terlalu jauh dari Danau Lamunan Cermin, tetap perhatikan keselamatan anda dengan membawa perlengkapan obat untuk perjalanan panjang dan lama, dan yang paling penting jagalah keindahan dan kebersihan alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Peta Danau Labuan Cermin :

Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua