Keindahan Pantai Kuta Lombok Nusa Tenggara Barat


Pantai Kuta | Jika kalian mendengar nama pantai kuta, pasti kalian langsung tertuju pada pantai kuta yang berada di pulau Bali. Tetapi di pantai selatan pulau Lombok juga terdapat sebuah pantai yang juga bernama pantai Kuta yang jauh lebih cantik dan alami di banding pantai Kuta di pulau Bali. Pantai Kuta Lombok terletak di kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebuah pantai yang letaknya di selatan pulau lombok ini memiliki ombak yang sangat tenang bergitu juga dengan suasana alamnya yang masih asri di Pantai Kuta.

Pada awal mulanya pantai Kuta Lombok ini memang sangatlah sepi dari pengunjung dan hampir tidak didatangi oleh wisatawan. Berbeda dengan pantai Kuta di Bali yang sangat padat oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai yang terletak di desa kuta ini dibaratkan putri cantik yang amat pemalu. Tidak banyak orang yang tahu bahwa di pantai selatan pulau seribu masjid ini juga terdapat pantai yang sangat indah yang juga bernama Kuta. hal ini dikarenakan kurangnya perhatian dan promosi yang kurang gencar dari pemerintah daerah setempat. 


Berikut akan dijelaskan secara singkat mengenai info dan sejarah singkat tentang pantai Kuta Lombok yang belum diketahui oleh banyak orang. Pantai dengan pasir berwarna putih ini mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara sasak dan upacara bau nyale. Dalam upacara ini para pelaut mencari cacing nyale di laut. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama putri mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. 

Akses menuju Pantai Kuta :
Akses menuju lokasi pantai Kuta terbilang masih sulit karena alat transportasi umum masih jarang dan tergolong mahal, kamu disarankan menyewa mobil atau ikut travel. Jarak pantai kuta dari kota Mataram lumayan cukup jauh sekitar 72km dan menempuh perjalanan selama 1,5jam. Jika anda berasal dari luar pulau Lombok anda bisa naik pesawat dan menadarat di Bandara Internasional Lombok Praya – Pantai Kuta Lombok (30 menit). Atau kalau mendarat dari Bandara Selaparang, rutenya adalah Bandara Selaparang (Kota Mataram) – sewa mobil atau naik taksi bandara dengan tarif Rp 200.000* (1,5 jam – 2 jam). Oh ya, di sini nggak ada biaya tiket masuk dan parkir, namun kamu tetap dituntut menjaga kebersihan.

Peta Lokasi Pantai Kuta :

Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua