Keindahan Pura Tanah Lot, Pura Suci Di Atas Batu Karang


Tanah Lot | Pura Luhur Tanah Lot atau yang lebih di kenal dengan nama Pura Tanah Lot adalah suatu tempat yang suci bagi pemeluk agama Hindu yang mempunyai keindahan yang alami dan natural. Pura Tanah Lot berdiri di pinggir pantai di atas sebongkah batu karang laut besar yang amat kokoh dan kuat, area wisata Tanah Lot pada saat sunset atau matahari terbenam akan menyajikan  pemandangan yang terbaik dan sangat indah yang bisa kita nikmati ketika mengunjungi salah satu obyek wisata favorit yang terkenal di Pulau Bali ini. Dan akan membuat liburan anda tidak akan terlupakan dan penuh kesan. Pura suci ini juga termasuk salah satu dari Pura Kahyangan Jagat yang sangat sakral dan suci serta sangat dijaga kesucian dan kelestariannya oleh masyarakat Pulau yang terkenal dengan Pulau Dewata ini khususnya masyarakat di sekitar Tanah Lot.

Tanah Lot berasal dari kata ‘Tanah’ yang dalam bahasa Bali mempunyai arti Tanah dan ‘Lot/Lod’ adalah Laut. Karena letak dari Pura Tanah Lot berada di laut atau di pantai seperti mengambang ketika air laut pasang maka Tanah Lot dapat diartikan sebuah Tanah atau Pulau yang terletak di laut,dan oleh karena itu masyarakat setempat pun menyebutnya  dengan nama Tanah Lot.

Pura Luhur Tanah Lot berada di sebelah selatan Pulau Bali atau kurang lebih berjarak sekitar 25km dari Kota Denpasar atau lebih tepatnya berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Pura Tanah Lot terdapat di atas sebuah batu karang laut besar yang menghadap ke samudra Hindia. Tempat ibadah Umat Hindu ini adalah sebuah pura yang dibangun untuk memuja Tuhan dalam manifestasi-NYA sebagai Dewa Laut atau Dewa Baruna untuk mnjaga keselamatan dan kesejahteraan dunia serta keseimbangan antara laut dan bumi.

Sejarah Singkat
Menurut legenda masyarakat setempat, Pura Tanah Lot di bangun pada abad ke16 oleh seorang Brahma yang mengembara dari pulau Jawa. Beliau adalah seorang Dyanghyang Nirartha yang menyebarkan agama Hindu di Pulau Bali.

Akses menuju Tanah Lot bisa di bilang cukup mudah, karena tidak begitu jauh dari Kota Denpasar,. Para pelancong bisa menyewa jasa taxi, mobil atau motor rental, ataupun menggunakan jasa travel untuk menuju pura.


Akses Menuju Lokasi
Akses menuju Tanah Lot bisa di bilang cukup mudah, karena tidak begitu jauh dari Kota Denpasar,. Para pelancong bisa menyewa jasa taxi, mobil atau motor rental, ataupun menggunakan jasa travel untuk menuju pura.

Fasilitas
Fasilitas di sekitar Tanah Lot juga cukup lengkap, banyak ditemukan bermacam-macam art shop serta tempat untuk menginap mulai dari penginapan biasa hingga resort mahal. Juga akan ditemukan banyak penjual cinderamata khas Bali yang cukup unik di sepanjang area parkir. Selain itu beberapa warung makan hingga restoran juga bisa dengan mudah Anda temukan di sekitar kawasan ini.

Harga Tiket Masuk
Harga Tiket masuk di Tanah Lot juga terbilang murah yaitu Rp15.000,00 untuk anak kecil dan Rp30.000,00 untuk orang dewasa. Dan biaya parkir :
Rp2.000,00 untuk sepeda motor
Rp5.000,00  untuk Mobil
Rp10.000,00 untuk Bus

Peta Lokasi Pura Tanah Lot :

Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua