Keindahan Pulau Derawan, Mahal Namun Setimpal


Pulau Derawan || Masih tetap menelisik tentang pesona keindahan pantai dan laut, kali ini kita akan mencoba mengulas tentang keindahan yang dimiliki Pulau Derawan. Pulau yang terletak di Kalimantan Timur ini termasuk destinasi wisata alam yang tergolong mahal bagi wisatawan yang ingin berkunjung maupun singgah untuk beberapa waktu bagi wisatawan local, non local, maupun wisatawan asing. Itu dikarenakan letak pulau yang sulit dijamah. Sebelum mengulas akses lokasi dimana Pulau Derawan itu berada, sejenak admin akan memberikan sedikit ulasan tentang pesona dan keindahan apa saja yang dimiki Pulau Derawan.

Pulau Derawan menjadi bahan pembicaraan tersendiri bagi wisatawan yang senang menikmati sensasi pantai, itu karena Pulau Derawan adalah Pulau yang masih sangat terjaga ekosistemnya baik bagi biota laut maupun spesies yang ada di dalam pulau Derawan itu sendiri. Pulau Derawan juga menjadi salah satu tujuan para penikmat taman laut, dibawahnya memiliki kurang lebih sekitar 460 jenis terumbu karang beraneka ragam dan berwarna warni karena tentunya masih sangat terjaga ekosistemnya. Tidak hanya terumbu karang yang menghias taman bawah laut namun para penyelam juga akan dapat menyapa penyu hijau dan penyu sisik yang kini sudah terancam keberadaannya. Tidak heran dengan keindahan taman laut yang dimiliki Pulau derawan menjadi Pulau dengan terumbu karang terbanyak kedua setelah Raja Ampat Sorong Papua. Terdapat sangat banyak sekali jenis biota laut yang terdapat di perairan Pulau derawan yakni mencapi 800 lebih yang menambah keistimewaan Pulau Derawan. Tidak mengherankan jika Pulau Derawan menjadi nirwana bagi para penyelam, disana para penyelam selain menyapa penyu juga dapat berenang bersama kuda laut mini, ikan pari raksasa, ubur-ubur tanpa penyengat dan basih banyak ikan yang mengelilingi penyelam juka ingin merasakan sensasi taman bawah laut Pulau Derawan. 


Setelah mengusik taman bawah laut, mari kita sedikit berimajinasi tentang keindahan Pulau Derawan itu sendiri. Setibanya anda menginjakkan kaki di Pulau Derawan anda akan mendapati suara kicauan burung yang saling bersahutan seakan-akan meraka menyambut kedatangan anda. Angin yang laut yang khas membuat anda akan menarik nafas dalam-dalam dan merasa bahwa anda adalah orang yang sangat beruntuk dapat berkunjung kesana. Pulau Derawan juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati sunset terlebih cuaca yang hampir cerah sepanjang tahunnya. Pulau yang beralas pasir putih dan barisan pohon kelapa yang melambaikan daun seakan mengundang kita untuk singgah tidak akan salah jika kita akan terlena dengan suasana yang akan diberikan dan kita takkan sadar jika waktu sangat sudah banyak berlalu.

Dikatakan tujuan wisata yang mahal bukan karena tiket masuk untuk dapat menikmatinya namun karena cukup sulit untuk mencapai Pulau Derawan. Akses wisatawan untuk menuju Pulau Derawan kebanyakan masih menggunakan agen tour and travel dikarenakan masih minimnya akses untuk menuju kesana. Namun disini kami akan tetap memberikan sedikit rincian dari sumber para Backpaker yang pernah singgah di Pulau Derawan. Derawan bisa diakses belalui dua rute yakni Berau ataupun Tarakan. Jika anda berniat kesana dengan rombongan besar kami sarankan anda menggunakan agen tour karna biasa dapat anda tanggung bersama. Namun jika anda rombongan kecil biaya yang anda keluarkan adalah Rp. 490.000 untuk tiket pesawat (Jakarta-Balikpapan-Berau) yang akan anda tempuh hanya dalam waktu 30 menit. Selanjutnya naik transportasi menuju Tanjung Batu sekitar Rp 100.000 per orang. Ingat carilah taksi berupa kendaraan pridadi (kijang, avanza,) itu dikarenakan kendaraan jenis kijang lebih tangguh untuk tracking. Dari Tanjung Batu anda bisa menyewa speedboat dengan biaya Rp 50.000 per orang dan akan anda tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Setibanya disana anda dapat mengeksplor sendiri perjalanan anda.

Yang terakhir kami akan memberikan sedikit tips untuk perjalanan anda, diantaranya: Pertama, anda akan menempuh perjalanan udara dan laut, jadi persiapkan obat, minyak kayu putih untuk berjaga-jaga jika anda mempunyai kendala dengan perjalanan tersebut. Kedua, perjalanan yang cukup jauh memungkinkan anda akan merasa lapar dalam perjalanan maka dari itu bawalah perbekalan untuk mengisi atau menggajal perut anda. Ketiga, uang sangat penting meskipun kami sudah merincikan biaya yang harus anda keluarkan untuk perjalanan tetapi kami tidak memberikan rincian biaya yang anda keluarkan untuk kebutuhan pribadi lainnya. Yang terakhir bawalah kantong plastik, untuk apa? Cintailah alam, kumpulkan sampah anda karena cukup sulit untuk menemui tempat sampah yang disediakan pengelola Pulau Derawan, jadi setidaknya kumpulkan sampah anda dan jika menemukan tempat sampah barulah anda membuangnya.

Berikut adalah review dan tips yang dapat admin berikan tentang perjalanan dan wisata Pulau Derawan semoga dapat menjadi salah satu pilihan anda untuk menikmati waktu liburan bersama teman, sahabat dan keluarga.

Peta Lokasi Pulau Derawan :


Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua