Gunung Galunggung, Gunung Aktif Sebagai Obyek Wisata Istimewa

Gunung Galanggung merupakan salah satu dari sedemikian banyaknya gunung api di Indonesia yang masih aktif sampai sekarang. Berlokasi di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, membuat gunung ini menjadi pemikat wisatawan manca maupun dalam negeri untuk berburu panorama dan kesejukan alami. Dalam artikel ini Admin akan membahas berbagai keindahan dan keistimewaan Gunung Galanggung.

Gunung Galanggung mempunyai ketinggian 2167 meter diatas permukaan laut dan berada kurang lebih 17 kilometer dari kota Tasikmalaya. Sampai sekarang kawasan gunung seluas 120 hektare ini dikelola oleh dinas Perhutani daerah setempat. Hal tersebut menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam upaya untuk memajukan potensi daerah Tasikmalaya di mata negara Indonesia bahkan mancanegara. Di kawasan yang luas ini  terdapat banyak obyek yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Diantaranya terdapat kawasan seluas 3 hektar yang berisi pemandian air panas. Disitu juga terdapat kolam renang, bak untuk berendam, kamar mandi dan masih banyak lagi.

Keunikan lain dari Gunung Galanggung ini adalah terdapat hutan Montane dengan luas 1200 sampai 1500 meter dan hutan Ericaceous seluas kurang lebih 1500 meter. Didalamnya terdapat biota khas hutan tropis, pohon – pohon berukuran besar yang tumbuh liar di dalam hutan. Jika kita mengunjungi hutan tersebut didalamnya terasa begitu sejuk dengan pemandangan full hijau yang terbentuk dari dedaunan yang tumbuh lebat menjadikan pemandangan begitu alami.

Tempat wisata yang kebanyakan pengunjungnya adalah wisatawan lokal ini mempunyai suatu obyek yang fenomenal, yaitu kawah Gunung Galanggung. Kawah tersebut berada di puncak gunung. Pengunjung yang ingin menuju ke kawah dapat menempuh sebanyak 620 anak tangga. Disepanjang perjalanan menuju puncak gunung tersebut akan dihadirkan banyak keindahan dan pemandangan alam. Panorama khas Gunung Galanggung dengan udara yang sejuk akan terpadu rapi memebuat siapa saja yang berkunjung mengalamai fase ketenangan, kenyamanan dan kealamian. Pantas saja obyek wisata ini sering ramai pengunjung.


Danau kawah Gunung Galanggung ini berwarna hijau. Didalamnya terdapat banyak ikan yang berwarna – warni. Tak sedikit juga pengunjung yang ingin memancing di kawasan danau. Disekitar danau terdapat kolam renang dan pemandian air panas yang telah disediakan oleh perum perhutani dan warung – warung yang menjual makanan dan oleh – oleh. Bagi pengunjung yang ingin menginap juga bisa mendirikan tenda atau kemah di sekitar danau. Memang obyek wisata Gunung Galanggung mempunyai view yang sangat indah. Panorama gunung, udara yang menyejukkan hati, maka dari itu, tunggu apalagi? Segera masukkan kawasan ini ke dalam daftar tempat travelling anda.

Akses menuju lokasi :
1.       (Recommended karena jalannya paling bagus untuk dilalui) dari jalur Cisayong
2.       Dari arah kota Tasikmalaya yaitu dari Indihiang menuju Sukaratu
3.       Dari perempatan pesantren Cipasung belok ke kanan

Harga tiket :
-          Masuk area wisata Gunung Galanggung : Rp 6500 per orang
-          Masuk kawah + parkir : Rp 2000 per motor
-          Masuk obyek air panas : Rp 4500 per orang
-          Bak rendam air panas : Rp 5000 per orang
-          Masuk obyek air terjun/curug : Rp 10000 per orang

peta lokasi gunung Galanggung :

Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua