Indahnya Salju di Tanah Tropis Puncak Jayawijaya


Puncak Jayawijaya adalah salah satu destinasi wisata mendaki yang sangat menarik, gunung ini adalah gunung tertinggi yang dimiliki oleh indonesia dengan ketinggian sekitar 4.884 Mdpl. Sejatinya indonesia memiliki iklim tropis pasti tentunya sangat mustahil bagi kita untuk melihat atau merasakan salju, namun di puncak gunung jayawijaya ini kita akan menjumpai salju abadi yang sangat indah, keindahan puncak jayawijaya ini terdaftar sebagai salah satu dari tujuh puncak benua yang sangat fenomenal dan sudah pasti muh menjadi incaran bagi para pendaki sejati dari seluruh dunia. Kita sebagai pemilik dari keindahan tersebut sangat disayangkan jika tidak pergi atau sekedar mengunjjungi puncak jayawijaya.

Keindahan puncak jayawijaya atau lebih dikenal dengan nama piramida carstenz merupakan satu-satunya gunung di indonesia yang di selimuti oleh salju, meskipun tidak keseluruhan puncak dari pegunungan ini bersalju. Suhu pada puncak tersebut bisa mencapai 0 derajat celcius bahkan pada kondisi tertentu bisa mencapai minus 5 derajat bahkan lebih ekstrim lagi. saat mendaki puncak gunung ini kita bisa menjumpai suku-suku primitif yang masih kental dengan adat pada zaman batu, itulah yang menjadikan kesan unik saat mendaki puncak gunung ini.


Puncak gunung jayawijaya memang berada di indonesia namun para pendaki atau trakker yang berkunjung mayoritas berasal dari luar negeri. Mereka sangat tertarik untuk menaklukan puncak gunung ini yang termasuk dalam 7 puncak tertinggi di dunia selain himalaya dan mount everest. Pendaki pertama yang menaklukan gunung ini adalah tim ekspedisi yang di pimpin oleh heinrich harrer pada tahun 1962, dia adalah seorang pendaki sekaligus penulis buku, salah satu bukunya yang terkenal adalah seven years in tibet.

Sebelum memulai petualangan ini akan lebih baik jika kita menyiapkan fisik kita terlebih dahulu sebab trak dari puncak jayawijaya termasuk ekstrim mulai dari jalur yang sangat terjal, jurang yang sangat dalam, hingga tiupan angin yang sangat kencang, apalagi dengan suhu yang bisa mencapai minus 0 derajat,

Untuk rute perjalanan menuju puncak jayawijaya tentunya anda harus menyiapkan dan yang cukup besar, karena untuk pergi kesana tidaklah mudah, jika berasal dari luar kota anda harus singgah di lembah illaga, papua. Dari sana anda harus berjalan menyusuri hutan yang memliki berbagai macam satwa yang masih liar, perjalanan tersebut bisa memakan waktu sampai 7 hari lamanya, namun jangan khawatir karena ada alternatif lain yaitu dengan menyewa helikopter yang akan membawa anda menuju perkemahan yang berada di danau valley.

Mahalnya tranportasi tersebut tidak ada apa-apanya jika anda sudah sampai di sana dan membawa oleh-oleh dari sana, kemahalan tersebut akan tergantikan oleh kepuasan yang tak ada duanya. Itulah sedikit info yang dapat kami berikan.

Berikut adalah peta lokasi dari puncak jayawijaya:



Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua