Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air terjun telaga dwi warna sibolangit, salah satu wisata alam yang sangat cocok sekali untuk travelling karena letaknya yang membutuhkan perjuangan untuk dapat mencapainya. Keindahan yang dimiliki dari airnya yang sangat jernih dan berwarna sangat jernih menjadi harga mahal yang harus anda tebus dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2 sampai 3 jam. Terletak di Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deliserdang Sumatera Utara dan berbatasan dengan Kabupaten Karo letak Air terjun telaga dwi warna sibolangit ini.

Wisata Air terjun telaga dwi warna sibolangit yang bernuansa pegunungan dan masih terasa sangat sejuk memang sangat cocok untuk berwisata sekaligus melepas penat setelah sekian lama berjalan menyusuri hutan untuk dapat melihat keindahan air terjun ini. Menyandang nama Dwi Warna dikarenakan Air terjun telaga dwi warna sibolangit ini memiliki duwa warna air yang sama jernihnya, Putih dan Biru menjadi warna yang mendasari kenapa dinamakan Air terjun Dwi Warna. Selain keberadaannya di daerah pegunungan 1720mdpl, kesejukan dan keasrian alam yang masih sangat terjaga membuat destinasi wisata ini memiliki nilai tambah tersendiri. Air terjun yang tumpah dari atas terlihat berwarna biru muda dan berbeda putih keabu-abuan warna air yang tertampung dibawahnya. Sebenarnya, secara kajian ilmiah warna berbeda antara Biru dan Putih ini karena adanya kandungan fosfor dan belerang, terjadinya letusan gunung sibayak juga ikut andil dalam pembentukan dua warna yang berbeda tersebut
.
Meskipun airnya terlihat sangat segar, namun anda tidak dianjurkan untuk meminumnya karena kandungan zat fosfor dan belerang yang terdapat didalamnya. Disana anda hanya diperbolehkan untuk bermain-main dengan air untuk merasakan sensasi yang diberikan. Sembari mennikmati keindahan alam dan suara burung-burung liar sangat cocok untuk melepaskan penat dan lelah anda. Jika tidak puas dengan menikmati sensasi airnya, disana anda juga dapat mendirikan kemah untuk bermalam karena tersedianya camp area pula. Menyalakan api unggun menjadikan alternatif kedua untuk menikmati suasana alam di malam hari. Namun perlu diperhatian kehidupan didalam alam bebas anda juga harus memperhitungkan resiko, karena itu keamanan juga harus anda utamakan.


Akses untuk menuju Air terjun telaga dwi warna sibolangit ini dapat anda tempunh dengan bus antar kota Kabanjahe dari Medan dapat membantu anda untuk menghantarkan menuju bumi perkemahan Sibolangit Kabupaten Karo. Tetapi akan lebih nyaman jika anda membawa mobil pribadi. Meskipun sudah sangat banyak wisatawan maupun traveler yang pernah menyambanginya, namun bagi anda yang belum pernah kesana anda harus mempersiapkan tenaga ekstra karena cukup jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapainya. Track yang tajam dari tanjakan dan turunan hingga sungai kecil dapat anda temukan selama perjalanan. Yang tidak perlu anda khawatirkan adalah sudah terdapatnya petunjuk-petujuk jalan untuk dapat mengaksesnya.

Biaya untuk tiket masuk Air terjun telaga dwi warna sibolangit ini sebesar Rp 25.000 sebagai biaya retribusi. Jika anda ragu dan takut tersesat didalam hutan, disana juga terdapat pemandu atau guide yang siap untuk menunjukan arah mana yang harus anda lewati. Tentunga tidak gratis, dengan biaya Rp 100.000 sampai Rp 300.000 tergantung jumlah rombongan anda.

Karena keberadaannya yang terdapat didalam hutan, maklum jika belum terdapat fasilitas-fasilitas umum yang ada disana. Maka dari itu anda harus mempersiapkan perbekalan apa saja yang anda butuhkan dan harus anda bawa. Sedikit ulasan tentang Air terjun telaga dwi warna sibolangit semoga bermanfaat jika anda menjadikan salah satu rencana untuk berlibur.

Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua