Gunung Agung, Gunung Keramat Di Pulau Dewata

Gunung Agung merupakan salah satu obyek wisata pegugunungan yang berada di Pulau Bali, mungkin nama Gunung Agung sudah tidak asing lagi di telinga para traveller yang hobi mendaki. Sebagai salah satu tujuan utama wisata indonesia, Pulau Bali yang terkenal dengan wisata pantainya yang indah juga mempunyai wisata alam pegunungan yang menyajikan panorama yang begitu indah dan menawan di Gunung Agung.

Gunung Agung adalah sebuah gunung yang sampai sekarang masih di sucikan oleh masyarakat penganut agama Hindu di Pulau Bali. Masyarakat Bali percaya kalau di gunung ini adalah tempat bersemayamnya Dewa-Dewa, mereka juga percaya kalau di Gunung Agung terdapat sebuah istana Dewata.
Gunung yang masih di anggap keramat oleh masyarakat Bali ini juga menyimpan keindahan alam yang masih asri dan alami. Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 3.142 meter di atas permukaan laut ini adalah salah satu gunung yang terbilang cukup tinggi di indonesia. Maka bukan hal yang cukup mudah untuk menakhlukkan gunung ini.

Untuk mendaki gunung ini ada beberapa jalur yang bisa para traveller lalaui untuk menuju puncak, salah satunya adalah via jalur pura bersakih dan jalur pura pasar agung


Tak mau kalah dari gunung-gunung tinggi di Indonesia lainnya, Gunung Agung juga mempunyai pemandanga matahari terbit atau sunrise yang begitu cantik dan menawan yang bisa kita lihat dari atas puncak gunung agung. Dan para traveller juga bisa melihat panorama keindahan Pulau Dewata dari titik tertingginya yang akan membuat kalian benar-benar takjub akan pemandangan yang di sajikan oleh Gunung Agung. Dari puncak Gunung Agung kita juga bisa melihat kawah dari jarak dekat yang mempunyai lubang berdiameter sekitar 500 meter. Keindahan alam inilah yang membuat siapapun untuk mendaki puncak Gunung Agung.

Akses Menuju Lokasi
Gunung agung yang berada di wilayah kecamatan Rendang, Kabupaten Karang Asem, Bali bisa kita tempuh menggunakan transportasi umum. Tidaklah sulit untuk menuju salah satu pos pendakian Gunung Agung, jika kita ingin melalui jalur pura bersaki kita bisa menaiki bus dari terminal Ubung tujuan Klungkung terlebih dahulu, kemudian dari terminal Klungkung perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan minibus menuju Bersakih atau turun di pura bersakih. Di Pura Besakih anda diawajibkan untuk melapor ke kantaor polisi disana untuk melaporkan pendakian dengan menyertakan foto copy KTP dan membayar pendaftaran sekitar Rp 10.000,00.

Perjalanan menuju puncak Gunung Agung melalui jalur Pura Bersakih ini dapat kita tempuh sekitar 7-8 jam perjalanan. Mendaki melalui jalur ini anda juga di wajibkan menggunakan jasa guide dari organisasi penduduk lokal dengan biaya satu orang guide sekitar Rp 400.000,00.

Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua