Fenomena Keindahan Panorama Pantai Klayar


Pantai Klayar | Berbicara mengenai estetika keindahan oleh sang pecipta memang tiada habisnya. Alam indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke. Suatu karya seni yang mendetail yang mendorong kita untuk selalu bersyukur kepada-Nya. Pantai Klayar, pantai yang terletak di daerah Pacitan Jawa Timur, lebih tepatnya berada di Desa Kalak, Kecamatan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dapat ditempuh dari pusat kota dengan jarak kurang lebih 40 Km ke arah barat Pacitan, lama perjalanan dapat ditempuh kira-kira sekitar 60 menit. Di Pacitan memang terkenal terdapat sejuta keindahan di berbagai destinasi wisata yang tersebar dan menarik. Kita sebagai bangsa Indonesia ikut merasa bangga akan keindahannya. Langsung saja di bawah ini Admin akan membahas tentang betapa luar biasanya Pantai Klayar.

Pantai Klayar merupakan salah satu destinasi wisata berbasis pantai yang sangat menawan di daerah Jawa Timur. Pantai yang mempunyai hamparan pasir putih ini belum terlalu populer di masyarakat luas. Maka dari itu tempat ini masih terasa natural, mengetahui belum banyak wisatawan yang menginjakkan kaki di pantai tersebut. Mayoritas wisatawan yang datang adalah penduduk sekitar Jawa Timur sendiri.
Faktor lain kurangnya wisatawan adalah akses menuju pantai yang bisa dikatakan masih susah. Sebelum mencapai pantai kita akan menemui banyak jalan yang berlubang, jalanan yang masih tahap perbaikan, selain itu kita juga akan melalui jalan naik turun, banyak juga tikungan tajam yang berkelok. Hal ini menuntut pengunjung untuk lebih hati – hati dalam perjalanan. Namun setelah menempuh perjalanan yang melelahkan kita akan disuguhi karya seni sang pencipta yang luar biasa di pantai Klayar. Ibarat berakit – rakit kehulu, berenang ketepian. Bersusah – susah dahulu, menikmati pantai kemudian.

Kenikmatan panorama pantai Klayar sangat layak untuk anda selipkan dalam rencana menghabiskan waktu liburan atau refreshing. Yang membuat pantai ini unik yaitu terdapat seruling samudra. Disebut seruling samudra karena terdapat cekungan pada bagian bebatuan atau tebing di pantainya. Ketika ombak laut menerjang cekungan ini lalu air laut menyembur tinggi ke permukaan dan menghasilkan bunyi seperti seruling. Hal tersebut sangat jarang ditemui dikawasan lain. Sangat istimewa! 

Selain itu di pantai Klayar terdapat pemandangan unik menyerupai Sphinx. Keindahan itu akan terbentuk jika dilihat dari kejauhan. Penampakan patung Sphinx ini terbentuk dari banyaknya tebing – tebing tinggi terdapat di kawasan pantai Klayar. Dari arah lain, lebih tepatnya arah barat pantai terdapat karang yang mempunyai tinggi mencapai 50 meter. Tebing karang ini yang konon katanya menjadi tempat bersandarnya kapal Nabi Nuh dahulu. No one knews! Banyak wisatawan yang memanjat tebing – tebing tersebut demi mendapatkan kepuasan akan panorama pantai dari ketinggian. Tetapi harus tetap berhati – hati dan jaga diri agar tidak terjadi sesuatu yang dapat merusak momen liburan kita.

Selain tebing – tebing yang curam di pantai Klayar terdapat fenomena semburan air laut menyerupai air laut yang tingginya mencapai lebih dari 10 meter. Wow! Fenomena ini terjadi ketika air laut mengalir melalui bagian bawah batu karang yang mempunyai banyak celah. Karena dorongan ombak yang kencang air laut menyembur tinggi menghasilkan momen yang sangat indah.


Diatas sudah dibahas kenapa pantai ini belum terlalu banyak pengunjung, sebenarnya keadaan pantai akan ramai ketika memasuki weekend atau liburan. Wisatawan berasal dari domestik dan beberapa juga dari mancanegara. Selain hari tersebut pantai akan didominasi oleh para nelayan lokal untuk mencari ikan.

Ketika pertama memasuki pantai di sisi timur kita akan mendapati dua karang setinggi belasan meter. Dua karang ini yang sampai sekarang dijadikan sebagai ikon pantai Klayar. Di belakang ikon pantai tersebut terdapat karang besar melebihi karang – karang disekitarnya, karang besar tersebut menyerupai karang yang berada di Tanah Lot, Bali.  Sedikit himbauan untuk siapa saja yang akan berkunjung ke pantai Klayar, di pantai ini dilarang melakukan aktifitas berenang, karena mayoritas ombak sangat besar dan akan membahayakan bagi pengunjung yang nekat untuk berenang. 

Begitulah sedikit ulasan tentang Pantai Klayar, tunggu apa lagi? Mari segera agendakan waktu liburan kita untuk singgah di pantai yang unik ini sambil menikmati panorama sunset di kala senja yang begitu menawan dan menyejukkan. 

Akses menuju Pantai Klayar
sampai saaat ini transportasi menuju panta Klayar belum tersedia. yang mungkin dilakukan agar sampai disana adalah menggunakan kendaraan pribadi. dapat menggunakan mobil atau sepeda motor. disana juga disediakan jasa untuk mengantar wisatawan ke Pantai Klayar. rute yang ditempuh dari arah Jogjakarta yaitu dapat ditempuh melalui Wonosari Gunung Kidul dilanjutkan ke Pracimantoro lalu Giribelah sampai ke perbatasan Jawa Timur masuk ke Punung dan terakhir desa Kalak yaitu lokasi Pantai Klayar iti sendiri.
Beda lagi kalau perjalanan dari arah Solo, langsung saja menuju Pracimantoro, setelah itu ke pertigaan Giribelah belok kanan sampai perempatan Kalak. setelah itu anda akan menempuh perjalanan kira - kira satu jam hingga samppai di Pantai Klayar.

Harga tiket masuk :
untuk dewasa : Rp 3000
untuk Anak - anak : Rp 2000

Parkir Roda 2   :  Rp 1000
          Roda 4   :  Rp 2000
          Roda >4 :  Rp 5000

Peta Lokasi Pantai Klayar :




Baca Juga: Gunung Rinjani Atap Di Pulau Lombok

Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua