Padang Rumput Di Bawah Laut Taman Nasional Takabonerate


Taman Nasional Takabonerate adalah salah satu destinasi wisata bawah laut yang wajib di kunjungi, tepatnya terletak di kabupaten selayar, sulawesi selatan berbatasan dengan laut flores. Keindahan alam bawah lautnya menjadikan tempat ini terkenal di seluruh dunia, taman nasional takabonerate merupakan taman pulau karang terbesar di indonesia atau terbesar ketiga di seluruh dunia, di sini terdapat 3 jenis terumbu karang yang menakjubkan dan membuat taman nasional takabonerate di sebut-sebut sebagai surganya alam bawah laut, jenis karang tersebut adalah barrier reef (penghalang), fringing reef (terumbu karang tepi) dan atol (cincin lingkaran), selain itu juga terdapat sekitar 261 jenis terumbu karang lainnya yang turut menanbah keindahan baharinya. Maka tidak heran jika banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke taman nasional takabonerate.

Taman nasional takabonerate merupakan atol terbesar nomor tiga dari seluruh dunia, bagi yang belum tahu tentang atol, atol adalah pulau karang yang membentuk cincin dan pada bagian tengahnya terdapat danau atau cekungan yang terisi oleh air laut dan juga di kelilingi oleh terumbu karang yang indah.


Keindahan sesungguhnya dari taman nasional takabonerate adalah saat anda menyelam ke dasar laut, anda akan menjumpai tempat lapang yang terlihat menyerupai padang rumput (padang lamun), jika anda berada di padang lamun ini anda akan merasa seperti berada di taman di kelilingi oleh berbagai jenis biota laut yang seolah-olah sedang bermain, berenang kesana kemari.

Selain menyelam disini juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas lainnya seperti snorkelling, diving, volley pantai, memancing, berjemur, berkemah, melihat sunset/sun rise dan banyak lagi aktivitas seru yang bisa anda lakukan di atas pasirnya yang putih berkilauan maupun di lautnya yang menawan.

Akses lokasi menuju taman nasional takabonerate sendiri ada 2 pilihan yaitu melalui jalur udara dan darat.

Jalur Udara

jika memilih jaur udara anda cukup menggunakan pesawat dari bandara sultan hasanuddin makassar menuu bandara H. Aeropala kabupaten selayar, waktu yang di tempuh sekitar 40 menit

Jalur Darat

Jika memilih menggunakan jalur darat maka dari kota makassar anda pergi ke arah bulukumba melewati jalan poros trans sulawesi, kemudian dari pusat kota bulukumba lurus menuju pelabuhan tanjung bara, dari situ anda harus menempuh jalur laut menggunakan kapal fery selama kurang lebih 2 jammenuju pelabuhan pamatata (selayar) kemudian lanjut pergi ke benteng (ibukota selayar) dengan kisaran waktu 1,5 sampa 2 jam. Cukup mudah bukan.

Baca juga : Indahnya salju di tanah tropis puncak jayawijaya

Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua