Gunung Sibayak, Raja Gunung Sumatera Utara


Gunung Sibayak adalah salah satu gung yang terdapat di Sumatera Utara, tepatnya di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo. Gunung yang masih bersetatus gunung berapi aktif ini menjadi gunung yang sering ditaklukan bagi pendaki karena mempunyai jalur dan track yang cukup menantang. Selain nama yang disandangnya Gunung Sibayak mempunyai nama Lain yaitu Gunung Raja karena pada jaman dahulunya gunung ini dikuasai oleh empat raja yaitu Lingga, Sarinembah, Suka, Barusjahe dan Kutabuluh. Selain itu dari kata Sibayak yang berarti Raja. Merupakan gunung api aktif, gunung ini memiliki uap panas yang berasal dari kawah belerangnya yang terakhir meletus pada tahun 1881. Gunung yang terletak di sekitar 50 kilometer sebelah barat daya kota medan  koordinat puncaknya berada pada 97o30BT dan 4o15LS bernama Takal Kuda puncak yang dimiliki Gunung Sibayak.

Berbicara tentang gunung, sebenarnya apa yang para pendaki cari? Ya selain keindahan yang dibapatkan dari puncak gunung, suasana sejuk dan dingin, sunrise diatas awan, track dan tantangan yang didapatkan menjadikan sensasi tersendiri bagi para pendaki dan penakhluk gunung. Suasana persaudaraan saling membantu menakhlukan semua track yang ada akan menambah kesenangan bagi para pendaki. Gunung sibayak yang memiliki ketianggian 2100mdpl menjadi primadona dan tujuan utama bagi para pendaki karena terdapatnya telaga yang disebut Telaga Putri yang menjadi alternative dan tempat untuk sejenak beristirahat sementara. Selain telaga putri pada Gunung Sibayak terdapat aliran air yang sangat jernih pada sela-sela bebatuan sepanjang jalan sehingga anda dan para pendaki yang ingin menaklukan gunung ini tidak perlu khawatir jika akan kekurangan air namun persediaan untuk mencapai atas juga harus anda perhitungkan. Selain disajikan untuk para pendaki air tersebut juga dimanfaatkan bagi penduduk sekitar sebagai sumber minum. Perlu anda tau sumber air yang jernih dan bersih ini mengandung banyak mineral yang ada didalamnya oleh karena itu mata air Gunung Sibayak dijadikan sumber air minum kemasan “AQUA”


Bagaimanapun keindahan puncak untuk menikmati sunrise diatas awan tetap menjadi nomor satu bagi buruan para pendaki. Namun terlepas dari keindahan puncak Gunung Sibayak yang tidak perlu diragukan lagi masih ada kemegahan lain yaitu Kawah Gunung Sibayak yang menjadi obek keindahan berikutnya yang sering dijadikan spot berfoto. Kawah seluas 40.000m terus menyemburkan uap panas karena terdabat tekanan dan kandungan solfatara yang ada didalamnya.

Akses untuk menuju Gunung Sibayak ini dapat anda mulai dari kota Medan dengan jarak 77km selama 2jam perjalanan setelah itu terdapat dua rute yaitu lewat berastagi atau dari desa semangat gunung. Untuk pintu masuk hutan pendakian terdapar tiga jalur yaitu melalui Desa Raja Berneh (Semangat Gunung), Jalur 54, Penatapan jagung rebus dan Jaranguda yang berjarak sekitar 500 meter dari Kota Berastagi. Ketiga jalur tersebut memiliki track dan tantangan yang sama jalan setapak, hutan tropis dan hamparan tebing curam sudah menghadang anda. Biaya retribusi untuk masuk kawasan pendakian adalah Rp2000,- jadi siapkan uang pas anda.

Tips untuk anda yang baru pertama kali melakukan pendakian gunung, kami sangat merekomendasikan Gunung Sibayak ini tentunya hanya untuk anda yang tinggal di Kabupaten Karo atau Sumatera Utara (untuk anda yang ada dikawasan luar daerah sedikit tidak kami rekomendasikan karena biaya akomodasi dan lainlain). Perlengkapan untuk mendaki juga harus anda persiapkan dengan sebaik mungkin dan cek kembali sebelum anda berangkat mendaki, yang terakhir ikuti semboyan para pendaki “bawalah turun sampahmu kembali”

Peta Gunung Sibayak

Comments

Popular posts from this blog

Pesona Terang Pulau Samber Gelap

Keindahan Pantai Lagoi, Wisata Berbintang Kepulauan Riau

Lembah Baliem Wisata Primitif di Tanah Papua